10 Okt 2013

Dampak Perubahan Sosial

Dampak adalah akibat yang timbul dari suatu proses.
Dampak perubahan sosial adalah akibat yang ditimbulkan dari adanya perubahan sosial.

Dampak Positif Perubahan Sosial
Suatu perubahan sosial dapat dikatakan membawa dampak positif apabila sudah tercapainya kondisi sosial baru yang lebih maju dan lebih baik dari keadaan sebelumnya serta ditandai dengan peningkatan kualitatif peradaban dan taraf hidup masyarakat.
1.      Memiliki nilai dan norma sosial baru. Nilai dan norma sosial lama yang kurang sesuai dengan perkembangan jaman digantikan oleh nilai dan norma sosial baru yang lebih sesuai.
2.      Memiliki struktur dan hubungan sosial baru yang lebih manusiawi. Dari struktur sosial lama yang tertutup kini menjadi struktur sosial baru yang lebih demokratis.
3.      Memiliki pranata-pranata sosial baru yang memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai dengan perkembangan jaman.
4.      Menikmati berbagai kemajuan di berbagai bidang kehidupan, seperti di bidang sosial, ekonomi, politik maupun kebudayaan hingga kualitas hidup masyarakat semakin sejajar dengan masyarakat di negara-negara maju.

Dampak Negatif Perubahan Sosial
Suatu perubahan sosial dikatakan membawa dampak negatif apabila mengakibatkan kondisi tidak menguntungkan bagi masyarakat atau bahkan merusak kelangsungan hidup masyarakat serta adanya degredasi kualitatif tatanan sosial, lingkungan alam maupun taraf hidup masyarakat.
1.      Adanya disorientasi nilai-nilai dan norma-noma hingga munculnya kondisi anomi.
2.      Munculnya konflik sosial vertikal dan horizontal, bahkan adanya kekerasan massa akibat adanya perbedaan kepentingan menyikapi perubahan sosial.
3.      Tidak berfungsinya pranata sosial secara optimal akibat berlangsungnya pertentangan antara kelompok pendukung dengan penentang perubahan sosial.
4.      Terjadi berbagai bentuk kerusakan lingkungan dan bencana sebagai akibat dari pencemaran tanah, air dan udara.
5.      Munculnya krisis multidimensional (sosial, ekonomi, politik, budaya, keamanan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar